×

Dari tahun lalu gw sangat ingin punya kamera bisa ngerekam video. Kenapa? karena bagi gw entah kenapa berbentuk gambar saja udah gak cukup. Ingin banget menangkap sebuah gambar bergerak. Pernah ngerekam pake HP seperti timelapse, slowmo, dll. Namun, bagi gw lom cukup.

Nah, ditahun ini gw niat banget harus punya kamera bagus buat video yang gak terlalu banyak ngabisin tempat. Ya, dulu pernah sempat coba2 buat video pake DSLR. Hasilnya bagus, tapi agak ribet. Bawa body DSLR, beberapa Lensa, filter, Tripod, atau glidecam. Yang ada mungkin buat ngangkut2 gitu kudu siapin 1 backpack juga.

Akhirnya gw searching2 deh, nyari2 kamera 4K sampe gw nemu beberapa opsi. Namun, gw kepincut sama DJI Osmo ini karena gw agak sedikit dibantu nanti di post-pro untuk camera movementnya. Memang, biasanya shake itu gak terlalu terlihat di LCD atau viewer kamera. Tapi ketika udah di import ke aplikasi editing nah lumayan kliatan. Terlebih masalah utama gw adalah suka gemetaran. Hehehe.

Pilihan dijatuhkan ke DJI Osmo. Bagi yang mau liat hasil videonya seperti ini (cobain deh setting ke 4K nya) :

Skip2, akhirnya sampe juga lah DJI Osmo ini di tangan gw. Beberapa hari gw resah karena pengirimannya juga agak lambat. Gw terlalu excite untuk ngetest ni kamera.

DJI Osmo
Klo beli DJI Osmo, isi kotaknya seperti ini

Oke, sebelumnya gw bakalan ngasih intro dulu ya. DJI ini apa sih? Brand mana?

Jadi DJI ini sebelumnya ada brand sebuah produsen Drone. Saat ini lagi tinggi2 nya permintaan drone merk DJI. Karena DJI drone berhasil menjadi perusahaan drone terdepan dengan memberikan fitur video yang footage2 nya luar biasa.

Dengan keunggulan pengambilan gambar yang stabil (di drone aja di udara lho itu..smooth banget) maka DJI juga mengeluarkan kamera dengan kestabilan yang sempurna di genggaman tangan. Begitu!

Untuk full review (pro & cons) anda dapat melihat disini

Lanjut!

Pagi-pagi gw udah bangun cepet, ngecas batere dan batere cadangan nya DJI Osmo. Gak sabar gw mau ngetest. Udah connect ke HP Android trus senyum-senyum sendiri. Ni kamera muantebbb rek!

Permasalahannya datang setelah gw ngulik2 WiFi settingnya. Haha! Dasar tangan gw bisa diem. Gw ganti WiFi name dan password dan GHznya. Seketika, DJI Osmo gak connect2 lagi di smartphone! BUSET!!! Bahkan WiFi nya itu gak detect! Lansung gw panik, buka laptop searching2 di forum DJI.

Ternyata banyak juga yang mengalami masalah yang sama setelah gw baca2 di forum tersebut. Katanya nih, langkah nya adalah update firmware DJI Osmo. Lalu lakukan beberapa pencet2an. Maka WiFi settingnya akan reset kembali.

Akhirnya gw ikutin tu petunjuk. Download Firmware terbaru di situs nya DJI Osmo : http://www.dji.com/product/osmo/info#downloads

Setelah itu gw ikutin tu langkah2nya buat update Firmware. Sempat 2x gw update tapi gagal terus. Mana suaranya ngebeep beep mulu. Ternyata gagal nya karena ke goblok-an gw, si firmware nya lupa gw extract. HAHAHA!! Bodoh ya.

Skip2, akhirnya berhasilnya gw update. Dan sudah connect lagi donk WiFi nya ke handphone. Tapi settingan WiFi nya gak gw ulik2 lagi. Kapok!

Goyangannya udah mantab, geser sana sini udah Ok, seluruh tombolnya fungsi. Sekarang ngetest record! PENCET!

Kaget, smooth apanya?? Yang ada nge-lag, patah-patah. EAH! masalah dimana lagi ini.

Fuih!

Akhirnya gw baca2 lagi forum DJI, kenapa nih pas record bisa lag, bisa patah2 gitu hasilnya. Katanya karena versi android? What!!? atau karena MicroSDnya kurang kenceng nangkep hasil dari 4k? Lha ini khan gw pake MicroSD dari bawaannya DJI Osmo?! ArrrrhhgggghhhHH!.

Sampe tulisan ini di publish, masalah gw ini belum terselesaikan. Next post akan gw update lagi.

Ni dia DJI Osmo nyaa.. Arrghh!
Ni dia DJI Osmo nyaa.. Arrghh!

Leave your comment

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *