×

Nyonyo! dis taim gw akan sedikit cerita hal yang agak personal. Udah 2 bulan ini gw kok di kantor agak merasa hal yang anuanuan ya? Maksudnya gak bisa gw jabarkan dengan kata yang lebih spesifik seperti bosankah? maleskah? gelisahkah ato gimana. Intinya aneh aja.

Kmaren gw sempat obrol2 sama team sebagai hal introspeksi dan ngereview kerjaan serta menilai performa. Gw akui gw belom berada di titik dimana gw 100%, tidak seperti tahun lalu ketika gw awal2 kerja dikantor ini.

Selidik punya selidik, akhirnya gw memahami beberapa hal kenapa faktor anuanuan ini menjalar dalam diri gw ketika dikantor.

1. Proyek Pribadi

Yak, beberapa bulan kebelakang gw memang menggarap proyekan pribadi sama temen2 yaitu GudangBang. Yang bikin gw senang disini adalah “bagaimana kami bekerja”. Jujur gw sangat suka bekerja kolaborasi dengan orang yang memiliki komitmen yang kuat dalam suatu tujuan. Gw pun tipikal yang tidak terlalu mengharapkan kualitas karena dalam project tersebut semua hal dapat terjadi diluar rencana.

Baca juga : GudangBang Sebagai Solusi Tempat Penyimpanan Berukuran Kecil

Dalam proses pengembangan bisnisnya pun, kita dihadapi dengan banyak rintangan. Tapi pelan2 kita coba untuk menyelesaikannya satu persatu. Hal yang menarik lainnya adalah bisnisnya. Secara teman2 gw memiliki background perencanaan bisnis, administrasi keuangan dan marketing sehingga membuat gw semakin ingin belajar hal2 yang baru.

Apakah proyek tersebut akan menuai kesuksesan? Ga ada yang tau, setidaknya kita sudah memulai sesuatu.

Nah, hal ini kadang secara tak sengaja menjadi perbandingan bagi gw ketika dikantor. Dimana ketertarikan gw lebih besar diluar dibanding didalam. Salah sih memang, tapi alasan2 lain dibawah bisa menjawabnya.

2. Lingkungan Kerja

Ini menjadi hal yang sangat penting bagi gw sejak kerja ditempat ini, yak sebuah Interactive Agency di Jekarrrdahh. Lingkungan kerja atau work environment itu sangat penting bagi pekerja2 kreatif terutama di perusahaan agency.

Perubahannya itu terjadi ketika salah satu VP gw resign which is doi orang jepang dan harus balik ke negara nya sonoo. Tiba2 suasana dikantor pun berubah. Dimulai dari karyawan yang seenaknya telat, bediri2 ngalor ngidul, sudah mulai banyak drama dan lain2.

Susah memberikan Positive Movement dikantor gw sekarang. Gw slalu ingin mempertahankannya seperti datang tepat waktu (walaupun hanya diikuti oleh tim2 gw aja), komunikasi yang baik, sopan santun, budaya malu dll. Tapi ternyata tidak berimbas ke member lain.

Disatu sisi, banyaknya drama yang sepele membuat hal yang kecil dibesar2kan lalu berimbas ke member yang lain. Ppffft..

Bahkan ni ya! ada juga yang bermuka dua dan juga hasut menghasut! mempengaruhi orang lain terutama ke tim gw agar bertindak macem2. GILAAA KHAN!

Hal ini kadang membuat gw anuanuan dikantor.

3. Manajemen yang Buruk

Yak! ini yang paling parah. Beberapa bulan ini COO gw juga resign dan balik ke Jepang sonoh. Sontak manajemen dan operasional lansung jadi buruk banget. Dan, dengan lingkungan kerja yang buruk khan mesti nya ada punishment dan reward? Nah yang bgini nih manajemen seolah2 tidak memikirkan ini. Jadi ya dibiarin aja sehingga apa pun yang terjadi dikantor yaaa seenak jidat aja skrg.

Klo hal yang bgini gw gak bisa berbuat banyak.

Makin males!

4. Tantangan

Ini yang sangat menarik! Tahun lalu gw dikasih banyak tantangan vroh! Tapi dalam artian baik dan positif. Manajemen tahun lalu ngasih gw kesempatan untuk explore skill dan berbuat sesuatu terhadap perusahaan. Dan akhirnya cerita, gw bisa membuktikan itu dengan memiliki tim sendiri dan kami bersama2 berusaha untuk memiliki project sendiri dan layanan bisnis kantor pun jadi nambah.

Dulu kita hanya sebatas support! Namun skrg kita bisa membuat sesuatu untuk menghasilkan uang. Walaupun keberhasilan tersebut tidak serta merta membuat orang lain seneng juga. Yangg irii ada jugaaa..yang dengkii banyak jugaa.. Hehe..

Tapi ini adalah sebuah proses yang harus mendapatkan credit. Karena itu dalam prosesnya gw selalu berjuang untuk memberikan yang terbaik dan belajar hal yang baru.

Akhir2 ini, gak ada tantangan! Yaa liat saja poin dr yang diatas tadi, dengan lingkungan kerja yang ancur2an, manajemen yang buruk (yaa buruk sih gw  bilang). Maka project2 yang datang pun hanya sekadar project. Terlalu flat bagi kami yang ingin berpikir dan ingin membuat sesuatu yang out of the box.

Yang bikin gw gedeg adalah dengan buandell nya beberapa member di kantor nih ngefek ke segalanya..

Bayangkannn!! divisi kreatif ampe nyari proyekan sendiri, bikin proposal sendiri, approach client sendiri tanpa bantuan marketing! Oh Em Ji!

5. Pembuktian Sesuatu

Ini adalah planning gw dari tahun lalu tapi gak berjalan lancar karena efek poin diatas.

Dengan banyaknya masalah attitude dikantor akhirnya gw berpikir! Well I have to do something! Akhirnya gw bikin tim yang bisa berfungsi sebagai develop project dan juga kita bisa bikin product.

Karena, di kantor ini gak cukup hanya mengandalkan Layanan atau Services aja. Harus ada nilai jual lain yang dapat menambah pemasukan.

Produk Digital adalah salah satu ide yang ingin gw bangun bersama tim saat ini. Tapi, sampai sekarang kami tidak memiliki pikiran yang jernih, waktu yang cukup untuk membuktikan ini. Gimana bisa mikir jernih klo hal yang diatas masih mempengaruhi gw setiap waktu.

Well, itu adalah beberapa hal yang menjadi kegelisahan gw, malesnya gw, bosennya gw dalam beberapa bulan ini.

Dan sampai oret2an ini gw tulis nih. Gw masih berada di Performa Kerja Terendah yang pernah gw alami!

 

 

 

Leave your comment

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *