Nah! Bagi kamu yang pemula dan lagi belajar membuat website, atau yang sudah berpengalaman tentu mengetahui betapa pentingnya SSL. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan SSL di Cloudflare.

Apakah SSL itu?

Oke! Jadi apa sih SSL itu? Kalau dari kepanjangannya adalah Secure Socket Layer. Berarti SSL adalah teknologi keamanan donk ya? Kan ada kata Secure nya? Hehe.

Itu artinya, SSL ini adalah sebuah komponen yang sangat penting dalam sebuah website. Entah itu website bisnis kamu, website perusahaan kamu bekerja, website pribadi, aplikasi webbased dan lainnya.

Saya sendiri menempatkan aktifasi SSL pada tahap awal sebelum pengembangan sebuah website atau aplikasi dimulai.

Nah, untuk mencari tahu sebuah website itu sudah teraktifasi SSL atau tidak nya, itu cukup gampang. Biasanya ada protokol HTTPS pada awal sebuah URL website seperti gambar di bawah. Jadi dapat membuat website tersebut secured saat di akses.

Lalu, bagaimana cara mendapatkanya? Sebenarnya ada 2 cara, berbayar dan gratis. Karena kita bahas yang gratis maka ada beberapa layanan – layanan yang memberikan gratis seperti Cloudflare.

Keunggulan atau Manfaat SSL

Jadi keunggulan atau manfaat SSL itu apa sih?

Pertama, tentunya keamanan dong. Dengan teknologi SSL itu membuat informasi seperti credentials login, nomor kartu kredit, dan informasi lainnya terkirim dengan aman antara browser kamu ke server.

Jadi kalau kamu sedang browsing – browsing dan menemukan website yang tanpa HTTPS. Jangan coba – coba akses atau memberikan data kamu ya!

Dan juga, rata – rata web browser seperti Chrome, Firefox, Safari dan lainnya memberikan warning ke pengguna jika website yang kamu akses tidak secure.

Kedua, jika kita menggunakan SSL dari Cloudflare. Aktivasinya sangat dinamis, kamu bisa menggunakan SSL atau tidak dengan langkah yang sederhana.

Jadi sewaktu – waktu kamu tidak ingin menggunakan. Hanya menonaktifkan layanan SSL-nya saja.

Ketiga, tentu nya mendongkrak posisi kamu di mesin pencari. Memang SSL sangat berpengaruh pada SEO. Pada Agustus 2014, Google menyampaikan bahwa HTTPS adalah sebagai ranking signal.

Informasinya kamu bisa lihat disini.

Cara Mengaktifkan SSL

Oke! Cukup sudah pendahuluannya ya. Setidaknya kita sama – sama tahu SSL itu apa. Haha!

Saya asumsikan kamu sudah punya domain dan sudah daftar di Cloudflare ya. Berikut cara mengaktifkan SSL di Cloudflare :

Login ke Dashboad Cloudflare

Untuk tahap awal, tentu kamu harus punya akun di Cloudflare. Namun, jika kamu sudah memilliki akun di Cloudflare kamu dapat lansung login pada tautan berikut

Pilih Domain Yang Akan Diaktifkan

Pada tahap ini, kamu dapat memilih website mana yang akan kamu aktifkan SSL-nya. Pada contoh kali ini, saya memilih website saya sendiri.

Jika kamu baru saja registrasi. Kamu dapat menambahkan website kamu dengan klik tombol Add a Site. Lalu ikuti langkah – langkahnya untuk menambah website kamu.

Pilih Fitur SSL/TLS

Pada tahap ini, kamu dapat klik menu SSL/TLS pada menu sebelah kiri. Lalu kamu dapat melihat settingan SSL yang dapat kamu aktifkan.

Penjelasan Settingan SSL di Cloudflare

Pada tampilan tersebut kita dapat melihat ada 4 jenis settingan SSL/TLS. Berikut penjelasannya :

Off (Non Aktif)

Settingan pertama adalah OFF. Pada settingan ini SSL atau HTTPS tidak berlaku pada website kamu. Dan pengunjung website kamu akan menggunakan HTTP saja.

Setiap akses atau koneksi yang masuk ke website kamu tidak terenkripsi

Flexible

Pada Flexible, SSL itu berlaku dari sisi pengunjung ke Cloudflare. Seperti yang kamu bisa lihat di gambar. Jadi posisi Cloudflare itu ditengah – tengah.

Jadi komunikasi dan enkripsi itu antara browser pengunjung/client ke Cloudflare. Menurut saya, website seperti company profile, blog, portfolio sudah cukup menggunakan Flexible karena tidak mengandung informasi sensitif.

Full

Pada settingan Full, enkripsi terjadi pada 2 sisi. Antara pengunjung ke Cloudflare dan antara Cloudflare ke server. Nah, untuk itu server kamu harus ada sertifikat SSL sendiri dan terpisah.

Jika kamu mengembangkan aplikasi yang informasinya sangat penting maka pilih settingan Full.

Full ( Strict )

Pada settingan Full (Strict) sama seperti Full. Namun, kamu mesti ada tambahan lagi yaitu sertifikat Cloudflare Origin CA pada server kamu.

Kesimpulan

Melihat manfaat atau keunggulan menggunakan SSL pada website kamu. Tentu dapat disimpulkan bahwa teknologi ini menjadi opsi atau langkah pertama dalam mengembangkan sebuah website atau aplikasi.

Bagi saya pribadi, begitu domain aktif biasanya saya lansung aktifkan SSL-nya.

Selamat mencoba.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.