×

Yang baru tau tentang Amazon Web Services (AWS) mungkin tutorial ini sedikit membantu walaupun saya tidak menjelaskan apa itu AWS namun cara setup VPS menggunakan Amazon Web Services (AWS). Sebelumnya saya mengenal AWS ketika saya iseng2 liat2 url link dari link download themes di envato market. Tapi cukup tau saja klo AWS itu adalah Layanan cloud dari Amazon. Sebelumnya pun saya pernah ikutin teknologi cloud ini dari Event di Bandung Digital Valley beberapa tahun yang lalu yang di jabarin sama Microsoft Azure. Setelah itu saya research sendiri dan sampe sekarang ada banyak layanan Cloud.

Ok, kita beralih ke AWS. Ketika saya pertama kali kerja ke perusahaan Digital Marketing Agency. Atasan lansung ngikutin saya ke seminar Amazon Web Services di Singapura. Well, gak beneran ke Singapura sih. Karena seminar tersebut yang selama 3 hari juga menyediakan fasilitas web seminar (webinar) nya. Jadi cukup pantengin aja di depan monitor dan dengerin mereka memberikan topik2 menarik tentang Layanan AWS.

Sekarang saya akan sedikit share tentang bagaimana “Cara setup VPS menggunakan Amazon Web Services“. Untuk memulainya tentu saja anda harus memiliki account. Anda bisa mendaftar dan menggunakan layanannya gratis selama setahun http://aws.amazon.com/free/ . Namun, untuk mendaftar diawal, anda harus menggunakan kartu kredit.

AMAZON WEB SERVICES  : Elastic Compute Cloud (EC2)

Lanjut, layanan AWS yang akan kita gunakan adalah Elastic Compute Cloud atau dikenal dengan EC2. Klik Dashboard dalam console AWS. Lalu pilih EC2 dan anda akan masuk kedalam fitur layanan EC2 Dashboard berikut

ec2-dashboardChoose AMI

Klik Launch Instance untuk memulai setup. Saya memilih lokasi server di Singapore, anda dapat memilih di bagian atas Dashboard. Lalu kita akan masuk kedalam halaman memilih Amazon Machine Image (AMI). Ada banyak Operation System yang udah disediakan oleh AWS. Mulai dari Amazon Linux AMI, Ubuntu, RedHat bahkan Windows. Hati-hati disaat memilih AMI. Usahakan OS yang anda sangat paham dan mengerti serta sesuai dengan kebutuhan. AMI tersebut juga ada yang gratis (Free Tier).

ec2-step1

Saya memilih Ubuntu Server 14.04, selain dia gratis. Saya pun cukup familiar dengan OS ini sebelumnya. Setelah itu kita Select pilihannya yaitu Ubuntu Server 14.04 LTS (HVM), SSD Volume Type – ami-d6e7c084.

Choose Instance Type

ec2-step2Selanjutnya, pilih Type t2.micro (Free tier eligible) yang artinya ini gratis. Hehe. Anda klo mo bayar yang lain juga gpp. Tentu saja beda type pasti beda harga dan beda juga speknya. Nah, jika anda menggunakan Amazon yang Free 1 tahun akan muncul t1.micro (mungkin) karena AWS Account yang saya pakai sudah melebihi 1 tahun maka t1.micro nya sudah hilang. Selanjutnya klik Configure Instance Details.

Configure Instance Details

ec2-step3

Dibagian ini saya tidak terlalu banyak melakukan setup. Mungkin jika anda sudah berpengalaman dan paham dengan arsitektur jaringan AWS bisa membuat new VPS (layanan AWS utk network) dan lainnya.  Lanjut, klik Add Storage.

Add Storage

ec2-step4

Dibagian storage anda dapat mengedit sesuai dengan kebutuhan. Klo bagi saya untuk membuat sebuah VPS yang bakalan diisi cuma host server. Saya pikir dengan 8 giga sudah melebihi dari cukup. Lanjut klik Tag Instance.

Tag Instance

ec2-step5

Dibagian ini anda dapat membuat Tag untuk keperluan anda. Saya skip dibagian ini dan lansung klik Configure Security Group.

Configure Security Group

ec2-step6

Dibagian ini anda dapat membuat Security Group baru. Buat Security group name nya serta Description nya untuk lebih memudahkan informasi nantinya.

Jangan lupa, karena saya ingin VPS ini berfungsi sebagai web server, Maka saya menambahkan Rule SSH , HTTP dan HTTPS. Lalu klik Review and Launch.

Review and Launch

ec2-step7

Selanjutnya akan kebuka halaman untuk mereview kembali settingan yang telah anda lakukan sebelumnya. Jika anda keliru atau melakukan kesalahan bisa kembali ke halaman sebelumnya, Jika anda yakin maka klik Launch.

Key Pair

ec2-step8

Sebelum VPS anda di Launch oleh AWS. Akan kebuka popup yang mengharuskan anda membuat keypair Mohon diingat, untuk mengakses server anda tadi menggunakan SSH. Yaitu melalui putty bagi pengguna windows atau terminal bagi pengguna mac atau linux.

Berhubung, untuk mengakses SSH nya AWS tidak menggunakan username dan password seperti umumnya kita mengakses box. Jadi mohon diingat, key pair ( nama-key-anda.pem )  ini jangan sampai hilang dan disimpan di tempat yang aman. Saya akan menjelaskan nanti bagaimana cara akses server menggunakan SSH. Lalu klik Launch Instance.

Kita kembali ke EC2 Dashboard. Lalu klik Instance. Maka kita akan melihat list server yang running.

ec2-step9

Anda akan mendapatkan Public IP dan Public DNS. Dan Virtual Private Server anda pun jadi. Cukup mudah bukan?

Baca juga : Cara Install Webserver di Ubuntu AWS EC2

Leave your comment

Loading Facebook Comments ...

1 thought on “Cara Setup VPS Menggunakan Amazon Web Services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *